Senin, 10 Juni 2013

refleksi (89): Mathematics and Language 8




HENI KUSUMA
PGSD/ 2F/ 12108241073

Bahwasanya dalam pendidikan matematika diperlukan suatu komunikasi tepat untuk memahamkan konsep kepada sesuai tingkatan pembelajar. Komunikasi memiliki berbagai dimensi yang kontekstual, budaya, psikologis, dan filosofis.
Untuk dapat memahami matematka, maka perlu pemahaman secara mendasar, yaitu membawa benang kembali ke ide aslinya sehingga ketika siswa dihadapkan pada konteks masalah yang berbeda dengan bahasa yang berbeda pula, jika telah mengatahui konsep dasarnya, maka siswa akan lebih mudah menemukan penyelesaian masalah.
Seringkali kosakata menempatkan anak pada posisi off,  maksudnya siswa tidak dilatih untuk menyelami matematika secara mendasar, akan tetapi guru lebih sering menghadapkan pada mereka masalah yang hanya dapat diselesaikan dengan pemecahan yang serupa dengan bahasa yang serupa, sehingga ketika siswa menghadapi masalah serupa namun dengan bahasa atau penyajian berbeda, mereka akan mengalami kesulitan dalam menyelesaikannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar