Senin, 10 Juni 2013

refleksi (88): Mathematics and Language 7




HENI KUSUMA
PGSD/ 2F/ 12108241073

Dalam rangka melaksanakan perubahan paradigma pendidikan dari tradisional ke pembelajaran yang lebih inovatif, maka diperlukan pula komunikasi yang baik antara guru dengan siswa. Komunikasi penting peranannya dalam penyampaian informasi dari guru ke murid ataupun sebaliknya. Komunikasi yang baik akan berimbas pada pemahaman siswa yang juga baik mengenai informasi yang mereka tangkap sehingga tujuan dari pembelajaran pun akan tercapai dengan optimal. Dalam pendidikan matematika, komunikasi merupakan sesuatu yang esensial dan pokok untuk membantu siswa membangun sebuah konsep matematika. Komunikasi yang cocok diterapkan dalam proses pembelajaran hendaknya komunikasi dua arah yang memungkinkan ada partisipasi aktif pada siswa untuk mengemukakan pendapat, bukan hanya satu arah dan terpusat pada guru sementara siswa dibiarkan mematuhi apapun yang guru perintahkan. Dengan adanya peranan aktif siswa dan kebebasan berkomunikasi secara efektif, maka pembelajaran matematika tentu akan benar-benar memberikan efek pada siswa, siswa akan dengan mudah belajar menyelami konsep secara mendasar sehingga tidak akan terjadi kesulitan-kesulitan dalam menghadapi masalah-masalah matematika dalam berbagai versi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar