HENI KUSUMA
PGSD/ 2F/ 12108241073
Dalam rangka melaksanakan perubahan paradigma pendidikan
dari tradisional ke pembelajaran yang lebih inovatif, maka diperlukan pula
komunikasi yang baik antara guru dengan siswa. Komunikasi penting peranannya
dalam penyampaian informasi dari guru ke murid ataupun sebaliknya. Komunikasi
yang baik akan berimbas pada pemahaman siswa yang juga baik mengenai informasi
yang mereka tangkap sehingga tujuan dari pembelajaran pun akan tercapai dengan
optimal. Dalam pendidikan matematika, komunikasi merupakan sesuatu yang
esensial dan pokok untuk membantu siswa membangun sebuah konsep matematika.
Komunikasi yang cocok diterapkan dalam proses pembelajaran hendaknya komunikasi
dua arah yang memungkinkan ada partisipasi aktif pada siswa untuk mengemukakan
pendapat, bukan hanya satu arah dan terpusat pada guru sementara siswa
dibiarkan mematuhi apapun yang guru perintahkan. Dengan adanya peranan aktif
siswa dan kebebasan berkomunikasi secara efektif, maka pembelajaran matematika
tentu akan benar-benar memberikan efek pada siswa, siswa akan dengan mudah
belajar menyelami konsep secara mendasar sehingga tidak akan terjadi
kesulitan-kesulitan dalam menghadapi masalah-masalah matematika dalam berbagai
versi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar