Senin, 10 Juni 2013

refleksi (51): Elegi Ritual Ikhlas 8: Tata Cara atau Adabnya Orang Berdoa




HENI KUSUMA
PGSD/ 2F/ 12108241073

Subhanallah, betapa besar manfaat yang dapat kita dapatkan dari berdoa. Memang benar adanya bahwa Allah itu akan lebih senang apabila hamba-Nya mau tunduk dan meminta pada-Nya. Berdoa merupakan ibadah yang juga harus kita panjatkan penuh dengan rasa ikhlas. dalam Al Quran disebutkan bahwa berdo’a adalah ibadah”.Kemudian beliau membaca “Dan Tuhanmu berfirman: “berdo’alah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina dina”. (QS Ghaafir/Al-Mukmin: 60). Maka apabila tidak mau memanjatkan doa pada Allah, dia termasuk ke dalam golongan orang-orang yang sombong, tidak mau mengakui bahwa Allahlah pemilik segalanya yang ada di jagat raya, sementara manusia tidak memiliki apa-apa, semua juga akan kembali kepada Allah. Berdoa merupakan salah satu faktor tercapainya Tauhid yang hakiki, sebagai alat untuk mendapatkan keselamatan dan keberuntungan. Orang yang berdoa akan merasakan nikmatnya bermunajat kepada Allah dan kelezatan yang tidak bisa dilukiskan dengan kata-kata. Doa bisa menjadi penyebab dibatalkannya Qadla (ketentuan Allah). Semuanya berpulang kepada Qadla dan Qadar Allah dari awal hingga akhir.
Adapun yang menjadi faktor terkabulnya doa seseorang adalah dengan cara berbakti pada orang tua, anak yang berbakti kepada orang tuanyasenantiasa mendapat keberuntungan dan disukai semua orang. Anak yang berdoa kepada orang tuanya, sangat dekat untuk dikabulkan doanya oleh Allah.
Berdoa seyogyanya dilakukan dengan suara yang lirih, hal ini dapat menambah ketulusan, kesungguhan, kekusyukan dan terasa lebih dekat dengan Allah. Lagipula, Allah itu Maha Mendengar, maka berdoa dengan suara lirih menunjukkan bahwa manusia tidaklah sombong dan sebagai wujud merendahkan diri serta meyakini bahwa Allahpun akan senantiasa mendengar doa-doa hamba-Nya.
Berdoa itu penting dalam segala aspek kehidupan sehari-hari guna memperoleh ridho Allah, dan agar apapun yang kita kerjakan menjadi sesuatu yang barokah serta bernilai ibadah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar