HENI KUSUMA
PGSD/ 2F/ 12108241073
Memang 3+4=7 jika dipikirkan lebih dalam tidak berlaku. Ini
hanya akan berlaku jika terbebas oleh ruang dan waktu. Dalam skema Iceberg Approach in Realistic Mathematics
dipaparkan bahwa untuk menuju ke tahap formal
notation, diperlukan perjalanan dari tahap paling dasar pada Mathematical World Orientation, pada
kenyataannya dalam kehidupan siswa, agar siswa dapat memahami secara langsung
dan lebih jelas fakta dari kasus tersebut. Tahap paling dasar ditujukan dan
telah disesuaikan dengan karakter siswa tingkat dasar, pada masa itu, siswa
tidak langsung disajikan sesuatu yang terbebas dari ruang dan waktu, baru
setelah itu, naik ke tahap model material, di mana dari fakta-fakta yang ada
dalam kehidupan sehari-hari diproyeksikan ke dalam suatu model yang mampu
mewakili keadaan-keadaan tersebut. Selanjutnya tahap Building stone; number
relations, di mana model-model tersebut di angkat ke dalam suatu klasifikasi
bilangan tertentu hingga akhirnya sampai pada formal notation. Jadi, siswa
sekolah dasar sebenarnya belum seharusnya diberi materi seperti yang ada pada
kasus awal (3+4=7), namun siswa juga perlu diperkenalkan dulu asal mulanya
melalui kenyataan-kenyataan yang ada di sekitar siswa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar