Keberhasilan dalam mengenalkan
matematika pada anak, dalam mengajarkan matematika pada anak, diperlukan komunikasi
yang baik. Komikasi yang baik di sini yaitu bagaimana seorang pendidik mampu
menyampaikan maksud dari pengajarannya hingga anak didik benar-benar memahami
apa yang mereka pelajari. Matematika dan bahasa tidak dapat dipisahkan, karena
bahasa merupakan akar dari sebuah komunikasi. Bahasa merupakan perantara dalam
berkomunikasi. Dalam pembelajaran matematika, unsur ini tidak mungkin lepas.
Bahasa yang komunikatif akan sangat membantu anak dalam perjalanan mereka
menjelajahi pikiran secara logis. Tanpa adanya komunikasi yang baik, tentu
konsep dalam matematika akan sulit tersampaikan secara optimal pada anak didik.
Pendidik juga harus memiliki keterampilan dalam berkomunikasi. Pada anak-anak
usia sekolah dasar, yang mana pikiran mereka masih dalam ranah matematika
konkret, dalam menyampaikan materi matematika, guru harus pandai-pandai mencari
akal untuk memudahkan mereka memahami matematika sesuai dengan tingkatannya.
Komunikasi pun penting dalam
pembelajaran matematika untuk menghindari hal-hal yang kontradiktif. Fungsi
komunikasi untuk meluruskan dan menemukan penyelesaian yang tepat. Melalui
komunikasi, maka akan ditemukan sebuah makna atau maksud yang penting untuk
dipahami. Berakar dari sana, pikiran seseorang akan mampu mengembangkan
tahap-tahapnya sendiri. Pemahaman matematika itu penting, sedangkan pemahaman
itu sendiri dapat diperoleh melalui komunikasi yang baik. Dengan demikian,
hubungan matematika dengan bahasa memanglah sangat erat. Masalahnya, bagaimana
caranya mengembangkan komunikasi yang baik pada kami calon guru kaitannya
dengan bekal untuk terjun langsung di tengah-tengah anak didik agar anak didik
kami mampu memahami matematika dengan baik ?
Sumber:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar