Rabu, 20 Februari 2013

refleksi (3) : The ature of Student Learn Mathematics, karya Bp. Marsigit



HENI KUSUMA
PGSD/ 2F/ 12108241073

Satu hal yang perlu dipertimbangkan dalam pelaksanaan pembelajaran matematika adalah mengenali karakteristik psikologisnya. Guru sebaiknya lebih bisa memahami bagaimana kepribadian serta sifat-sifat alami yang dimiliki masing-masing siswa agar tujuan dari pembelajaran dapat terbidik tepat sasaran, sesuai dengan kebutuhan siswa. Ada sebagian siswa yang memiliki rasa ingin tahu tinggi, selalu merasa tertantang untuk mengetahui sesuatu, untuk memecahkan berbagai masalah dengan kemampuan mereka berfikir secara kompleks, ada juga mereka yang lemah, rentan dan sadar diri dalam hal emosional dan psikologis namun memiliki pemikiran yang idealis, kesemuanya itu harus dapat terfasilitasi di dalam proses pembelajaran. Salah satunya dengan memberikan motivasi yang diyakini dapat memengaruhi kemampuan siswa dalam belajar matematika.
Tidak ada yang salah dalam belajar matematika karena memang ada banyak cara yang dimiliki masing-masing orang untuk memahaminya. Kesalahan mungkin akan timbul pada ketika suatu metode tidak sesuai  untuk anak dengan karakter tertentu. Sehingga perlu dipikirkan lagi mengenai hal ini, yaitu mengenai variasi karakter siswa dalam belajar matematika.
Dengan karakter yang berbeda-beda inilah siswa mampu membangun pengetahuan mereka sendiri melalui kegiatan refleksi, sehingga siswa bebas mengkreasika mau seperti apa cara mereka belajar dan dengan siapa saja, yang sekiranya mendukung keberhasilan mereka mencapai tujuan yang diinginkan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar