HENI KUSUMA
PGSD/ 2F/ 12108241073
Satu hal yang perlu dipertimbangkan
dalam pelaksanaan pembelajaran matematika adalah mengenali karakteristik
psikologisnya. Guru sebaiknya lebih bisa memahami bagaimana kepribadian serta
sifat-sifat alami yang dimiliki masing-masing siswa agar tujuan dari
pembelajaran dapat terbidik tepat sasaran, sesuai dengan kebutuhan siswa. Ada
sebagian siswa yang memiliki rasa ingin tahu tinggi, selalu merasa tertantang
untuk mengetahui sesuatu, untuk memecahkan berbagai masalah dengan kemampuan
mereka berfikir secara kompleks, ada juga mereka yang lemah, rentan dan sadar diri
dalam hal emosional dan psikologis namun memiliki pemikiran yang idealis,
kesemuanya itu harus dapat terfasilitasi di dalam proses pembelajaran. Salah
satunya dengan memberikan motivasi yang diyakini dapat memengaruhi kemampuan
siswa dalam belajar matematika.
Tidak ada yang salah dalam belajar
matematika karena memang ada banyak cara yang dimiliki masing-masing orang
untuk memahaminya. Kesalahan mungkin akan timbul pada ketika suatu metode tidak
sesuai untuk anak dengan karakter
tertentu. Sehingga perlu dipikirkan lagi mengenai hal ini, yaitu mengenai
variasi karakter siswa dalam belajar matematika.
Dengan karakter yang berbeda-beda inilah
siswa mampu membangun pengetahuan mereka sendiri melalui kegiatan refleksi,
sehingga siswa bebas mengkreasika mau seperti apa cara mereka belajar dan
dengan siapa saja, yang sekiranya mendukung keberhasilan mereka mencapai tujuan
yang diinginkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar