Rabu, 27 Februari 2013

refleksi (18) : The Implication Of Piaget's Work to Mathematics Education, karya Bp. Marsigit

source : http://powermathematics.blogspot.com/2012/10/the-implication-of-piagets-work-to.html


HENI KUSUMA
PGSD/ 2F/ 12108241073

Dalam mempelajari matematika, siswa belajar secara bertahap sesuai atau mengikuti perkembangan kemampuannya. Mereka belajar dengan sendirinya dari hasil interaksi dengan lingkungan, ternyata mereka bisa melakukannya dengan menggunakan cara dan untuk mereka sendiri. Anak-anak pada dasarnya dapat menciptakan pengetahuan tentang matematikanya sendiri melalui kehidupan sehari-hari mereka, namun masih ada suatu masalah yang membatasi atau bisa dikatakan menghambat mereka untuk menemukan jawaban-jawaban dari masalah yang mereka temukan pada setiap tahapnya. Maka dari itu, di sini sangat diperlukan peran serta guru dalam membantu mereka untuk memecahkan masalah mereka.
Dalam membantu siswa, guru harus memperhatikan juga pada tahap manakah anak tersebut, bagaimana karakteristik siswa pada masa itu, sehingga pengatasan masalah akan sesuai dengan apa yang dibutuhkan siswa.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar