Rabu, 27 Februari 2013

refleksi (14) : Lesson Study dan Siswa Berkebutuhan Khusus Belajar Matematika, Karya Bp. Marsigit

HENI KUSUMA
PGSD/ 2F/ 12108241073

Saya sangat setuju dengan diadakannya kegiatan Lesson Study. Selama ini kita sering menganggap bahwa mereka yang memiliki kebutuhan khusus akan sulit mencapai masa depan yang cerah, kiranya begitu istilah ekstremnya. Namun mereka yang memiliki kebutuhan khusus juga manusia. bahkan sudah jelas di sini mereka diberi predikat sebagai pemilik “kebutuhan khusus”, maka adalah hak bagi mereka untuk mendapatkan pendidikan terbaik agar tidak tertinggal dengan anak-anak normal. Pendidikan nasional harus benar-benar diratakan hingga pelosok manapun, syarat agar tujuan pendidikan nasional terwujud. Mencerdaskan anak bangsa, tidak pandang bulu apakah dia anak yang normal, memiliki kelainan, hidup di pedalaman dan lain-lain. Semuanya butuh pendidikan. di balik keterbatasan-keterbatasan itu pasti tetap tersimpan suatu potensi yang dapat dikembangkan melalui pendidikan. guru harus tekun melakukan penelitian untuk menemukan dan mengembangkan potensi itu menjadi hal yang nantinya akan mendatangkan manfaat baik bagi anak itu maupun orang lain. Lesson Study ini saya kira akan membantu para guru untuk mendapatkan bekal guna menghadapi semua ini. guru juga dituntut untuk melakukan inovasi dalam pembelajarannya, mengembangkan sumber belajar, menyesuaikan dengan apa yang siswa butuhkan, agar mampu memenuhi tuntutan profesionalitas pendidikan.
Saya turut senang. Semoga kegiatan tersebut bermanfaat dalam jangka panjang dan terus berkembang menjadi semakin baik. Amiin.
.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar